Home » » Ketika Sejoli Anjing Kasmaran

Ketika Sejoli Anjing Kasmaran




Judul Asli: Who Let The Dogs Out
Karya: Adzimattinur Siregar

Karena putriu tidak memiliki website pribadi, nebeng di lapaknya si Mami.
Ini kan pembelajaran juga, bahasa kerennya edukasi, hihi.
Biar ada perbandingan karya dia waktu umur 10 tahun dan karyanya masa kini, setelah lulus dari FH UI.
Salam hangat dan terimakasih; tabik!

@@@


Dee berdiri gemetaran di atas kursi. Alkindi ngumpet di kolong meja.  Bareng Faris yang pengen ngeramein suasana. Arsenna yang biasanya manfaatin waktu luang buat baca buku, kali ini ngacir keluar ruangan. Kayaknya langsung nyungsep ke kloset tuh.

“Dasar pengecuuut!” geram Dee dari kejauhan, nggak berdaya banget.
Satu anak baru Riska ceking, posenya pake acara gelantungan ke kain gordeng segala. Brrrrrr, itu bunyi gerem-gerem dari makhluk segede anak kuda. Rasanya tinggal nyaplok aja di mata Dee en konco dalam ruangan les sore itu.

“Wuiiih, hueeboooh tenan, reek?!” sungut Anggie pas jalan di koridor denger suara berisik dari kelasnya.
“Ada anak setan nyasar ‘kali,” cetus Brian yang jalan di belakangnya.

Dua anak ini terus sok James Bond. Ngintip-ngintip en mindik-mindik. Juga bisik-bisik.
“Ngapain sih anak-anak itu?” bisikan Anggie nyamber kuping Brian.
“Tauk tuh… tapi kayaknya lagi pada stel tampang aneh, ya?” balas Brian, matanya berusaha negesin ke dalam.

Tapi cuma dikit yang bisa dilihat mata sipitnya. Kain gordengnya kawar-kiwir nggak karuan. So pasti, lah orang lagi digelantungin Riska.
“Buka aja, ayoo!” Anggie penasaran.
“Kalo ada apa-apa; awasssss, tanggung jawab, ya?” ancam Brian.

"Boleh, elo yang tanggung gue yang jawab, hihi…” Anggie ngocol.
Brian mendelik, Anggie cengengesan. Tangan Brian ngalah, ngerayap pegangan pintu. Pelan, pelaaan, krieek…
“Guk… guk… grrr… tes-tes!” Makhluk segede anak kuda itu balik ngegerem ke anak dua yang nongol di pintu.

Kontan Brian dan Anggie teriak histeris, “Whoaaaaaa…!”
“Jangan ditu…” Dee cepat nutupin mulutnya pake ujung jilbab. Ekor matanya ngeliat Brian dan Anggie ngacir di sepanjang koridor lantai dua itu.
Kadung deh, bruuuk! Pintunya tertutup lagi.

Horor dan teror di kelas les Dee itu reda, pas yang empunya si Teroris muncul. Nicky dengan bangga dan sayang berlebihan, jongkok trus ngelus-ngelus piarannya.
“Alhamdulillah…” Dee loncat dari atas meja.

Riska ngelepasin gordengnya yang sudah berubah mandi liur, campur keringat tuh anak. Arsenna juga keluar dari kolong meja, ngusap-ngusap kepalanya yang panjul asli.
Tapi lima detik kemudian, zieeeng…
“Guuuk! Guuuk…!”
“Laaah, ada lagiii…?!” jerit Riska balik kanan.

Kali ini nggak bisa ngegelayutin gordeng. Takut kena SARS, gara-gara mandi liur dan keringatnya sendiri. Nggak nyambung, ya? Hihi.

Dee juga memekik kaget. “Ya Roooob… belum cukupkah ujian-Mu kali ini? Guguk yang satu sudah bikin teror. Kok masih dikirimkan satu lagi siiih? Aapa nggak salah kirim nih…?” keluhnya ribet.

Arsenna garuk-garuk kepala sambil mikir. “Si Nicky ini, kacau banget sih! Tampangnya aja kayak herder.Ngapain coba bawa-bawa komunitasnya ke tempat les?”

Sebenernya suer deh. Yang namanya Nicky tuh nggak serem-serem amat sih. Cuma doi punya tampang beringas. Masih didukung tubuhnya yang segede (kios ‘kali!), bikin anak-anak jeri deketan Nicky. Intinya tuh, mendingan nggak usah punya urusan sama Nicky deh.

Konon katanya yang berkata-kata, waktu di TK, Nicky pernah ngamuk. Pake ada acara lempar-banting meja segala. Anak-anak yang imut-imut itu kontan ketakutan, ngacir kayak penduduk Amrik diteror asteroid. Bukannya takut kejatuhan meteror, tapi takut kebanting bangku atawa meja. Nah, konon rasa takutnya nular ke para guru.

“Dengan ini, sekolah diliburkan satu hari!” titah Ibu Kepsek TK.
Wuuuiih… hebohnya kayak di film Armagedon aja!
Eh, bujubuneeeng!

Sekarang doi bawa-bawa guguknya dengan dalih nggak ada yang ngurusin di rumah. Karuan kakak-kakak pengajar jadi senewen.
“Kalo bawa doang sih kagak ngape-ngape! Lha eni! Malah buang ampas di mana-mana lagi! Ngerepotin orang aja!” omel Kak Gun sewot banget.

“Anak itu sama sekali nggak belajar. Gara-gara sibuk nyari tempat buat guguknya,” Kak Mely ngehoohin sekaligus ngomentarin kelakuan muridnya.

Pas istirahat, anak-anak langsung lari ke loteng, tempat guguk itu bersemayam sementara. Bukannya semangat, mereka malah pada makin gemeteran. Lho, kok? Ternyata Nicky berhasil dengan sukses memaksa mereka semua untuk ngeliat guguknya. Dan sekarang, dengan bangga dia duduk di samping dua ekor guguk yang bikin doi mandi air liur.

“Ni… Nicky… ka-kamu kan orang Islam. Emangnya nggak apa-apa? Entar mensucikannya gimana?” tanya Arsenna pas sukses ngatasin rasa takutnya. Diem-diem, Arsenna ngelirik dikit sama kedua guguk itu.
“Apa lu liat-liat?” geram Arsenna dalam hati sambil melototin tuh guguk.

Eits… Nggak disangka-sangka entu guguk ngegonggongin doi. Apa binatang itu ngerti makna pelototan Arsenna, ya? Nicky malah nyengir makin bangga.
"Iiiih, diiih, meuni gelooow pisan!" gerutu Dee, cuma dalam hati, dari kejauhan begitu loh.
“Ugh, reseh banget loe!” geram Arsenna dalam hati.
“Gue sih nggak pernah susah-susah mensucikan diri segala macem.”

Alkindi nyureng nggak ngerti. “Trus solatnya?”
“Alaaaaah! Solat doang! Gue tuh ya! Punya nggak punya guguk tetep aja nggak pernah solat… hahaha…” cetus Nicky dengan bangganya yang mencapai langit-langit.

Alkindi bengong. “Kok ada ya orang yang nggak pernah solat gitu tapi bangganya nggak ketulungan?” bisiknya sama Arsenna yang langsung dihoohin.
“Mau megang?”
“Huuuuh… ogaaah!” sahut anak-anak kompak.

Faris dan Brian mundur seketika. Ngeliat gelagat kayak gitu, Nicky udah siap-siap marah. Tapi…
“Eeeh! Lucu ya guguknya?” suara Dee terdengar dari belakang Nicky.
“Nah, ini dia yang ngerti soal guguk! Sini, Dee… Mau pegang?” kata Nicky sambil mengacungkan kedua guguknya ke arah Dee.

Dee yang sebenernya takut, pengen rasanya langsung ngacir. Tapi dia pura-pura aja, daripada si Tuan Guguk ngambek kan?
“Eit, jangan… Maksudku, nggak usah deh! Tanganku kotor sih, lagian guguk lucu gitu jangan dibiarin dielus sama sembarangan orang kan? Hehe…”

“Iya juga, ya… Loe tuh paling tau deh soal guguk,” puji Nicky ngelirik Dee dengan tatapan terima kasih.
Hihi, untung aja dia gampang diboongin, gumam Dee, masih cuma di hati.
Alkindi melototin Dee dengan mulut terbuka. Arsenna ikutan juga ngeliat Dee. Kayak ngeliat orang ngelindur gitu. Dee ngangkat bahu.
***




Jam kedua, anak-anak lagi asyik ngerjain kuis.
Tiba-tiba…
“Heleeeep! Heleeep…!”
“Itu bukannya suara si Tuan Guguk?” cetus Alkindi.
“Kayaknya iya. Cuma dia yang nggak ikutan belajar sekarang,” sahut Dee.

“Jangan-jangan tuh anak diculik, ya?” komentar Arsenna.
“Kalo gitu, kaciaaan deh sama… penculiknya!” sambar Anggie.
“Kita bantuin penculiknya, nyoook?” ajak Brian sebal.

Anak-anak  cekikikan hebat. Kak Mely dan Kak Gun sudah ngacir menuju ruangan atas. Terpaksa anak-anak ikutan ngibrit, briiit!
“Whoooaaaa!” jerit mereka kaget setengah mati.

Penyakit si Nicky kumat lagi. Ngamuk-ngamuk, sukses ngebanting meja satu dan kursi lima.
“Ngapain sih kamuuu?” geram Kak Mely. Napasnya ngos-ngosan menahan marah.
"Besok, orangtua kamu harus ke sini. Ganti semuanya!” Kak Gun juga marah besar.
“Bodooo! Pokoknya semuanya kudu ikut nyariin guguk-gugukku sayang!” perintah Nicky kayaknya nggak bisa diganggu gugat lagi.

“Pssst… guguknya ngilang,” bisik Arsenna.
“Kayaknya di atap tuh!” kata Dee yang sempat ngintip ke teras balkon.
Bener aja! Guguk-guguk itu lagi pada hepi aja jemuran, eeh, jemur badan di atap yang hot itu.
“Pengen ngikutin hot dog ‘kali ya?” komentar Dee sambil nahan ketawa.

Kak Gun dan kak Mely juga jadi mesem-mesem.
“Hei… diaam!” jerit Nicky histeris. “Elo pada guguk-guguk, ya! Bikin gue repot aja loe! Dasaaaar… guguk!”
Anak-anak langsung balik kanan. Bodo amat sama si Tuan Guguk yang terus heboh ngomelin guguk-guguknya.
***


Di angkot, guguk-guguk itu ributnya bukan main.
Si abang sopir jadi sebel. Soalnya nggak ada orang yang mau naik angkotnya, begitu ngeliat entu makhluk dua. Anak-anak juga terpaksa duduk sambil ketakutan.

Nah, pas angkot lagi ngetem depan perkampungan. Tiba-tiba ada seekor guguk betina lagi mejeng. Sok keren padahal bodi penuh panu. Emang guguk panuan? Hehe.

Dua guguk milik Nicky yang asalnya heboh mendadak mingkem. Kayaknya mereka kesihir sama pesona guguk betina kampung itu. Begitu angkot mau jalan lagi, tiba-tiba… jleeeng!
“Guk, guk… gukkk…” Dua guguk entu seketika loncat dari angkot.
“Heeei, jangan larii, jangaaan…!” jerit Nicky spontan ngikut loncat.

Alkindi sama Dee yang ngeliat adegan itu kontan teriak.
“Nick, whoooi…”
“Baliiik, baliiik siniii!”

Keduanya saling pelotot. Sama berpikir, si Nicky belum bayar tuh!
Eeeh, si Nicky dengan gayanya yang sok pahlawan malah balas teriak.
“Jangan khawatir, Guys! Gue bisa jaga diri, daaah!”

Bayangan Nicky ngilang ditelan perkampungan itu. Sayup-sayup kedengeran lagu "Who Lets The Dogs Out”-nya Bahaman.
"Temennya yang tadi bayar tiga tempat loh!” ketus Bang Sopir.
Glegh!

Tampang Dee dan Alkindi langsung pucat. Ngebayangin duit yang tinggal gopek-gopeknya di saku.
Apes banget sore ini neh!

6 komentar:

  1. waaaaw, bagus nyooo... Cerita umur 10 tahun aja gini, apalagi yang sekarang...

    #salam ukhuwah...

    BalasHapus
  2. cici hehehe; iya ini ditulisnya ketika kelas satu SMP ya...

    Sekarang sudah menulis 13 buku, sebentar lagi akan terbit kolaborasinya dengan Pipiet Senja, eeeh, emaknya, sabaaaar....

    Teirmakasih telah mampir ya sayangku; mhuuuuaaa!

    BalasHapus
  3. owalah, kakaknya anak bunda kah? Buku anak bunda sudah 13??? Wooow, salut banget ha... *pengen deh*

    BalasHapus
  4. hehehehe,,, aduuuh, sepertinya bunda ini gokiiiil banget... Mmmmuah :*

    BalasHapus
  5. Cici Pratama; biar gak sutereeessss....dibawa nikmat saja apapun yang terjadi dan dilakoni dalam hidup kita, keseharian kita...

    salam sayangku nanda; mhuuuaaaaa!

    BalasHapus
  6. Insya Allah buko kolaborasi kami berdua akan terbit sebentart lagi, sabaaaar.....

    BalasHapus

Recommend us on Google!

Tulisan Terbaru