Home » » Hati-Hati Beli Online: Komplain Kepada Lazada Indonesia

Hati-Hati Beli Online: Komplain Kepada Lazada Indonesia

Lazada, mana pengembalian dananya, Gan?!

Kronologisnya: putriku memesan barang kepada Lazada melalui online,
Dipesan pada 2015-01-17 21:16:05 Nomor pesanan 301621763   Nama Produk Kode Produk Jumlah
Apple iPhone 5 - 64 GB – Putih AP082ELAIDAJANID-421042

Pada tanggal 29 Januari 2015 mendapat email yang menyatakan bahwa barang tidk ada dan dana akan dikembalikan dalam tempo  maksimal 14 hari kerja.

Ini adalah pegalaman yang paling menyebalkan yang pernah saya alami dengan portal niaga terkenal sekaliber: Lazada Indonesia! Ini adalah upaya langkah kedua yang saya ambil, setelah berkali-kali melakukan pendekatan melalui chatt live dan email langsung dengan pihak Lazada.

Ini jawaban email yang pertama kepada saya atau kedua setelah membalas email dari putriku zhiclopedia@gmail.com, karena dia yang pertama memesan barangnya kepada Lazada.co.id
Dear Etty Hadiwati ,
Kami informasikan bahwa pengembalian dana sebesar 5240000.00 untuk produk pesanan Anda (seperti terlampir di bawah) dengan nomor order 301621763 telah dimulai.
Waktu estimasi transfer ke akun Anda tergantung pada pilihan cara pengembalian dan bank terkait. Mohon mengacu pada Pengembalian Dana (http://info.lazada.co.id/c/r?ACTION=ri&EMID=09004GC01IU0801JMIRQ0&UID=CGJB4JS5HM6TNPJTZODQ) untuk estimasi akurat.

Dipesan pada 2015-01-17 21:16:05 Nomor pesanan 301621763 Nama Produk Kode Produk Jumlah
Apple iPhone 5 - 64 GB – Putih AP082ELAIDAJANID-421042

Karena ditunggu-tunggu sudah melewati 14 hari kerja, sebagaimana dijanjikan, maka saya mengirim lagi email sbb:  Pada 26 Februari 2015 18.03, Pipiet Senja menulis:
Mau tanya, bagaimana ini kelanjutannya? Apakah tidak bisa baik-baik sajalah mengembalikan dananya? Atau Lazada ingin hal ini kita blow up di medsos?
Pipiet Senja (Penulis Indonesia) ini nomer yang bisa dihubungi langsungl 085669185619
Sudah dicek beberapa kali ke pihak Bank, tidak ada pengembalian dana!

Jawaban email ketiga, Saudara!
Kami informasikan bahwa pengembalian dana sebesar 5240000.00 untuk produk pesanan Anda (seperti terlampir di bawah) dengan nomor order 301621763 telah dimulai.
Waktu estimasi transfer ke akun Anda tergantung pada pilihan cara pengembalian dan bank terkait. Mohon mengacu pada Pengembalian Dana (http://info.lazada.co.id/c/r?ACTION=ri&EMID=09004GC01IU0801JMIRQ0&UID=CGJB4JS5HM6TNPJTZODQ) untuk estimasi akurat.
Dipesan pada 2015-01-17 21:16:05 Nomor pesanan 301621763   Nama Produk Kode Produk Jumlah
Apple iPhone 5 - 64 GB – Putih AP082ELAIDAJANID-421042
Terima kasih untuk kesabaran Anda. Mohon maaf kembali atas ketidaknyamanannya.

Silahkan kunjungi Help Center http://info.lazada.co.id/c/r?ACTION=ri&EMID=09004GC01GVTA00JBTQ39&UID=CGJB4JS5HM6TNPJTZODQ) kami untuk tips terbaru dan pertanyaan yang sering diajukan. Silahkan jika Anda ingin menghubungi kami, jangan ragu untuk memberikan informasi disini (http://www.lazada.co.id/contact/).
Hormat kami,
Tim Lazada
Perlindungan dan Privasi Data
Informasi Anda aman bersama kami.
Silakan lihat Kebijakan Privasi (http://info.lazada.co.id/c/r?ACTION=ri&EMID=09004GC018J7801RFOD5J&UID=CGJB4JS5HM6TNPJTZODQ) kami.
Email ini dikirim oleh
Lazada Indonesia
Menara Bidakara 1 Lt.16
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 71 - 73
Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Saya tunggu lagi sampai lewat lagi 14 hari kerja. Sementara itu beberapa kali live chatt, jawabannya sungguh tidak jelas. Petugas bernama Satrio minta bukti Penagihan dari Bank. Saya kirimkan melalui email. Kembali menunggu dengan segala kesabaran yang dimiliki.
Karena tidak jelas juga, dan sudah dicek ke pihak Citibank bahwa tidak ada pengembalian dana baik bulan Pebruari 2015 maupun Maret 2015, maka kembali anak saya mempertanyakan hal tersebut. Saya pun mengirim email mempertanyakan itikad baik Lazada.
Jawabannya adalah sebagai berikut, ini yang entah ke berapa kalinya ya, saking sering mereka kirim jawaban yang sungguh mengecewakan dan sangat tidak jelas.
Pelanggan yang terhormat,
Email Anda telah kami terima dengan nomor tiket #2030363

Kami akan berusaha untuk menjawab email anda dalam jangka waktu 1 hari kerja, Untuk mendapatkan jawaban realtime Anda dapat menggunakan fasilitas LiveChat yang beroperasi selama jam kerja. Silahkan klik tombol “Live Chat” yang ada di sebelah kiri bawah website lazada.co.id  Anda juga bisa melihat FAQ kami di http://www.lazada.co.id/help/ untuk melihat jawaban atas pertanyaan yang sering ditanyakan.
Terima kasih
Hormat Kami
Layanan Pelanggan Lazada.co.id
Sampai ditulisnya komplain Lazada ini, baru ada jawaban melalui email kepada zhiclopedia@gmail.com

Intinya; Lazada kembali meminta bukti penagihan dari Citibank, agar Lazada segera memulai proses pengembalian dana. Busyet deh, apa harus kirim bukti penagihan tia buan ke Lazada, begitu?
Saya menghubungi pihak Citibank, petugasnya mengatakan tidak ada pengembalian dana dari Lazada, dan tidak etis meminta lembar penagihan nasabah, sebab selama ini pun itu adalah bersifat Rahasia.

Sahabat, adakah yang pernah mengalami hal serupa dengan Lazada Indonesia? 
Apa yang harus kami lakukan untuk mendapatkan hak kami kembali? Mohon itikad baik Lazada!

Jika masih tidak ada respon dan kejelasan juga bisa jadi kami akan mengambil langkah hukum. Sebab dana sebesar Rp.5240000 (Limajuta Duaratus Ematpuluh rupiah) adalah besar sekali.
Terima kasih
Tabik Pipiet Senja/Etty Hadiwati HP 085669185619

31 komentar:

  1. Wah, kok bisa ya mba lazada begitu ? selama ini sih saya sll aman saja membeli barang di lazada. dan sebisa mungkin saya sll membayar dengan COD, saya juga pernah beli iphone di lazada. semoga lazada bisa dengan cepat mengembalikan uang mbak, kalah nih lazada sama z*alora, refund nya cepat sekali....

    BalasHapus
  2. Waduhh Bunda, Lazada ternyata oh ternyata. Semoga urusannya segera selesai ya Bunda :)

    BalasHapus
  3. Mending belanja offline aja deh.. Promo aja kenceng, pelayanan loyo............ Apalagi kl pake kurir internal, sangat tdk pro, komplain susah.. Mending belanja ditoko aja ya fren

    BalasHapus
  4. Wah hmpir sama percis kyk mslh yg sy alami skrg..sy beli barang dan kartu kredit sy terpotong 2x...jd total 3jt...sdh hmpir 3bln blm direfund dan sy udah berkali2 komplain jwbn ttp maaf n msh proses aja...ada yg bs bantu sy gmn solusinya?

    BalasHapus
  5. Wah hmpir sama percis kyk mslh yg sy alami skrg..sy beli barang dan kartu kredit sy terpotong 2x...jd total 3jt...sdh hmpir 3bln blm direfund dan sy udah berkali2 komplain jwbn ttp maaf n msh proses aja...ada yg bs bantu sy gmn solusinya?

    BalasHapus
  6. saya juga baru saja, order Redmi 2 ga diproses. Minta refund katanya suruh minta bukti transfer. Giliran sudah dikasih bukti transfer suruh nunggu. Udah 3 minggu thread di closed. ga ada balasan sama sekali

    BalasHapus
  7. saya juga pernah,saya beli 2 barang tapi dikirim secara terpisah,yg satu nyampe,yg satu gak nyampe dengan alasana alamat tidak ditemukan,padahal ada no tlp saya yg bisa dihubungi untuk ditanyakan alamat(ini JNE yg super buruk)..saya kejar tiap hari dgn berbagai cara,sebulan kemudian baru refund.
    trus beberapa hari lalu beli lagi,diinfokan minimal 30 hr baru barang nyampe.yg satunya saya beli tgl 28,disuruh bayar mulu padahal udh bayar dan veritifikasi,udah saya komplain sertakan bukti pembayran baru buru2 di proses pd tgl 30 april,
    dan semua barang blm saya terima,tunggu aja

    BalasHapus
  8. Mba sekarang sudah sampai dana refundnya? Soalnya saya 1 bulan belum refund juga...

    BalasHapus
  9. Saya juga merasakan kekecewaan yang sama , sudah 1 bulan INI pengembalian Dana saya tidak jelas.

    BalasHapus
  10. oh tak pikir aku aja yg di bikin lazada bingung,... haduh sudah sampai sebula hingga hari ini pesanan nggak datang , di cek status nya prosea terusss ... aku pake duit ngutang lagi... tega loe

    BalasHapus
  11. oh ya ampun lazada tuh parah sekali... lagi komplen via online chat, dia main udahin percakapan aja dan suru nunggu. padahal ini uda kesekian kali nya komplen dan di suru nunggu


    Saya: kerjaannya tiap hari follow up tanpa hasil aja
    balikin dana yang sudah saya transfer saya sudah males nunggu
    rk_muhammad_ifky: Baik Ibu.
    Untuk perihal pengembalian dana, baru akan dapat kami bantu untuk ajukan setelah kami mendapatkan kabar mengenai tanggapan dari pihak terkait terlebih dahulu, Ibu Cindy.
    Sekali lagi, kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya.
    Kami sangat senang dapat melayani Ibu Cindy pada hari ini. Jika tidak ada hal lainnya yang dapat kami bantu, kami akan mengakhiri sesi chat ini. Selamat Sore dan selamat Beraktivitas [smile]

    kasih emoticon smile bukan menyelesaikan masalah

    BalasHapus
  12. Waduh bisa di bilang Lazada Masih Belum Profesional dong kalau begini....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kekihatanx aja yg profesional tp buktix nihil, diweb bilangx akan dikirim dlm 5hk dan ditampilx resix tp ini dah lwt blm ada info resi...hhhhhh

      Hapus
  13. sama mbak...padahal saya sudah transfer dari tanggal 26 juni 2015, namun sampai dengan hari ini 13 juli 2015, belum ada konfirmasi pengiriman orderan saya. alasannya slip setor kurang jelas. sepertinya memang harus dibahas di medsos ini

    BalasHapus
  14. Samaaaa saya juga.. apa kabar nanti kalau ada tagihan CC..

    BalasHapus
  15. Saya beli HP melalui Lazada dan ternyata kartu garansinya internasional alias BM. Saya kembalikan ke Lazada utk pengembalian dana. Setelah seminggu diinfokan kalau HP itu akan dikembalikan ke saya karena kartu garansinya tidak ditemukan. Padahal sudah saya lampirkan bersama HP dan dibungkus. Setelah saya terima kembali, memang kartu garansinya tidak ada. Gimana nih, udah gak dapat pengembalian dana, sekarang kartu garansi hilang. Parah...

    BalasHapus
  16. padahal aku baru mau beli laptop di lazada nih

    BalasHapus
  17. Saya juga mengalami hal yang serupa, untuk pembelian jam senilai 1 juta++ status pengiriman barang No Order 372115152 belum ada info sampai dengan sekarang, gimana ini lazada, sudah 2 bulan?

    BalasHapus
  18. Hmm, baru kmrn dpt kasus serupa. 2 Pemesanan dibatalkan oleh lazada krn tdk bs diverifikasi. Besoknya sy lakukan lagi 2 pemesanan untuk produk yg dibatalkan lazada sebelumnya. Dan hasilnya di cc sy tercetak tagihan double, yg dibatalkan oleh lazada tetep masuk ke tagihan cc. Sdh sy konfirmasi via email dg bukti buktinya. Mudah mudahan segera diselesaikan, krn perusahaan ini akan hancur jk layananya tdk diperbaiki, kompetitor makin banyak dan bagus. Sy berkali kali beli barang dr situs jual beli china aja sampai ga ada masalah, mereka proaktif dlm menjaga kualitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lazada memang harus hancur klu layanannya berubah menjadi layanan penipuan..
      Kecewa...kecewa....kecewa.....bgttttttty

      Hapus
    2. Lazada memang harus hancur klu layanannya berubah menjadi layanan penipuan..
      Kecewa...kecewa....kecewa.....bgttttttty

      Hapus
  19. ada kok. uang saya juga belum kembali dari bulan juli lalu. 300rb. saya sudah email berkali-kali.

    BalasHapus
  20. Kok sama, sya dari tanggal 5 sept 2015 sampe sekarang ga sampe barang n uangpn tidak di kembalikan.
    Ap di makan orang lazada yg mulai hancur...
    Tutup aj knp, drpd nipu orang...

    BalasHapus
  21. Kok sama, sya dari tanggal 5 sept 2015 sampe sekarang ga sampe barang n uangpn tidak di kembalikan.
    Ap di makan orang lazada yg mulai hancur...
    Tutup aj knp, drpd nipu orang...

    BalasHapus
  22. Saya belanja di laza sudah hampir 2 bulan barang saya tidak di kirim...saat di hubungi di suruh sabar-sabar terus sampai kapan harus bersabar...
    Mana perlindungan pelanggan lazada gak ada bukti nya...jadi jangan coba2 belanja di lazada...kasih tau saudara2 kita jgn sampai tertipu seperti saya belanja di lazada...

    BalasHapus
  23. Saya sebagai konsumen sangat KECEWA BELANJA DI LAZADA

    BalasHapus
  24. Saya belanja di laza sudah hampir 2 bulan barang saya tidak di kirim...saat di hubungi di suruh sabar-sabar terus sampai kapan harus bersabar...
    Mana perlindungan pelanggan lazada gak ada bukti nya...jadi jangan coba2 belanja di lazada...kasih tau saudara2 kita jgn sampai tertipu seperti saya belanja di lazada...

    BalasHapus
  25. Laporkan ke situs "KOMISI PERLINDUNGAN KONSUMEN INDONESIA"

    BalasHapus
  26. Saya juga mengalami kasus yg serupa, waktu itu sy pesan barang dengan cc. Intinya cc sy terpotong 2x karna pesanan yg pertama dr lazada mengirimkan email bahwa gagal verifikasi lalu saya pesan lagi menggunakan cc keesokan harinya lazada mengirimkan email lg bahwa orderan yg pertama telah berhasil di verifikasi. Berarti cc sy terpotong 2x, barang sdh sy terima semua, tapi paket yg ke dua sy kembalikan dan meminta lazada mengembalikan uang saya. Dari lazada bilangnya proses pengembalian 3-7 hk dr tanggal 6-16 november 2015. Tapi sampai sekarang tidak ada dana pengembalian dr lazada masuk ke rek. Saya...sy telepon ke lazada mereka bilang bahwa disistem mereka dana nya sudah di kembalikan ke rekening sy tapi saya bilang belum ada sepeser pun yang masuk. Mereka minta maaf dan bilang akan konfirmasi ke bagian keuangan mereka dan meminta bukti pengembalian dana tapi sampai saat ini itu bukti pengembalian gak pernah lazada kirim ke

    BalasHapus
  27. fuck untuk lazada penipu....

    BalasHapus
  28. saya baru-baru ini pesan sebuah tas, tapi setibah di rumah barangnya tidak sesuai dengan apa yang terterah di foto penjualan lazada, sangat-sangat tidak sama dengan apa yang sya terima....


    sundala, anjing tuuuuh LAZADA sya akan komplain sampai pihak LAZADA tahu peristiwa ini, wlaupun duit sedikit tpi ini sebuah penpuan....

    BalasHapus

Recommend us on Google!

Tulisan Terbaru