Home » » VOI RRI Program Siaran Luar Negeri: Mengukuhkan Bilik Sastra Award 2012

VOI RRI Program Siaran Luar Negeri: Mengukuhkan Bilik Sastra Award 2012





Rabu, 31 Oktober 2012
Bilik Sastra adalah salah satu program Siaran Luar Negeri dari Voice Of Indonesia. Terhitung sejak diluncurkannya pada Januari 2011 di PDS HB Jassin Taman Ismail Marzuki, telah menampung ratusan karya berupa cerpen, kisah inspirasi dari WNI yang berdomisili di mancanegara.

Kabul Budiono motornya Bilik Sastra, menggandeng Pipiet Senja sebagai narasumber utamanya atau pembincang setiap karya yang dibacakan per hari Minggu pukul 13.00 – 14.00 WIB. Ternyata peminatnya “mburudul” disambut hangat oleh para penulis kita dari pelosok negeri seperti; Michigan-USA, Kanada, Damaskus, Qatar, Doha, Dubai, Mesir, Arab Saudi, Australia, UK-Inggris, Jerman, Malaysia, Singapura, Hong Kong, Macau, Taiwan, Thailand.

Pada 2011 terpilih dua cerpen terbaik, yakni Siluet Pahlawan karya Nadia Cahyani (BMI Hong Kong) dan Kelereng Putih karya Nessa Kartika (BMI Singapura). Maka tahun ini, 2012, cerpen terbaik versi Bilik Sastra adalah;  Ketika Cinta Memanggilmu Mama karya Julie Nava (Michigan-USA) dan Jalan Pilihan karya Indira Margaretha (BMI Hong Kong).


Pada proses penjurian serta pelaksanaan penyerahan hadiahnya tahun yang lalu terkesan serba dadakan, Kabul Budiono sempat bilang:”Ini sih modal nekad dan semangat Pahlawan Devisa semata.”
Meskipun demikian, panitia berhasil mendatangkan penulis pemenangnya ke Jakarta, mengikutsertakan Nadia Cahyani dan Nessa Kartika ke Istana Merdeka dan Senayan, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI ke-66.

Kali ini sudah tertata dengan baik, dimualai dengan Dewan Juri yang terdiri dari tiga orang, yakni; Putu Arcana dari Kompas, Mustakim dari Pusat Bahasa dan Pipiet Senja pengasuh Bilik Sastra.

Ada 30 cerpen yang dinilai, sempat terjadi diskusi seru antar Juri, sehingga akhirnya berhasil menetapkan pemenangnya; Juara pertama Julie Nava, seorang penulis dan ibu rumah tangga dari Michigan-USA dengan cerpen yang sangat menawan; Ketika Cinta Memanggil Mama. Juara kedua Indira Margareta, seorang BMI Hong Kong dengan cerpen Jalan Pilihan. 

Tiga nominasi berikutnya adalah Tarian Angsa (Julie Nava), Buah Keegoisan (Ida Raihan) dan Mbak Tompel Pulang Nama (Jaladara). Dua nama terakir adalah eks BMI Hong Kong yang sudah kembali ke Tanah Air, tetapi ketika mengirimkan karyanya mereka masih berdomisili di Hong Kong.

Acara penyerahan Bilik Sastra Award 2012 akan dilaksanakan di gedung PDS HB Jassin Taman Ismail Marzuki, Minggu 11 November 2012 pukul 11.00 sd selesai. Panitia tentu saja akan mendatangkan Julie Nava dan Indira Margareta ke Jakarta. (Jakarta, Pipiet Senja)

0 komentar:

Posting Komentar

Recommend us on Google!

Tulisan Terbaru